Review Buku Why “A” Students Work for “C” Students – Robert Kiyosaki

Ketika SMP saya sempat merasa galau. Waktu itu saya merasa bahwa saya tidak mungkin menjadi orang sukses.

Lho kok bisa?

Sewaktu SMP dulu saya termasuk murid yang pandai. Nilai-nilai saya selalu tinggi dan peringkat saya pun selalu 3 besar. Alhasil saya mendapatkan predikat anak pintar, penuh dengan nilai-nilai A.

Suatu hari saya berpikir, kenapa ya banyak anak yang pintar di sekolah justru tidak pintar dalam kehidupan nyata? Dengan kata lain, mereka boleh juara kelas di sekolah, tapi kenapa anak-anak yang sewaktu sekolah nakal, bandel, tidak pintar, justru sukses dalam hal finansial.

Fenomena ini bukanlah 1 dari 1.000.000. Cukup sering saya menjumpai kerabat saya yang hanya lulusan SMA tapi mampu punya bisnis yang sukses. Tak hanya itu, banyak milyarder dunia pun (seperti Mark Zuckerberg-pendiri Facebook, Bill Gates-pendiri Microsoft) juga tidak lulus kuliah.

Saya bertanya-tanya, kenapa hal ini bisa terjadi.

Sampai akhirnya sewaktu kuliah, saya menemukan buku bagus berjudul Why “A” Students Work for “C” Students and “B” Students Work for Government. Buku ini ditulis oleh Robert Kiyosaki dan sudah diterbitkan dalam bahasa Indonesia. Versi bahasa Indonesia dari buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Seperti apa review buku ini? Mari kita ulas.

Nilai 9 Untuk Buku Why “A” Students Work for “C” Students and “B” Students Work for Government

why-a-students-work-for-c-studentsDari nilai 1 – 10, saya memberi nilai 9 untuk buku ini. Hal ini dikarenakan buku ini inspiratif dan berhasil menjawab pertanyaan saya tentang fenomena anak pintar di sekolah tapi sulit sukses di finansial.

Setelah mempelajari buku ini, saya jadi tahu bahwa anak dengan nilai A cenderung takut untuk mengambil risiko sebagai investor ataupun pebisnis. Alhasil mereka cenderung mengikuti pola yang biasa-biasa saja. Polanya adalah lulus sekolah dengan nilai terbaik, diterima di perguruan tinggi yang baik (bahkan terbaik). Setelah lulus, menempuh karir sebagai seorang akademisi ataupun bekerja di perusahaan.

Di perusahaan pun mereka menjadi pekerja terbaik. Tak jarang mereka mencapai jabatan manager, vice president, atau bahkan CEO sekalipun. Hanya saja, sudah tentu mereka cenderung bekerja untuk siswa-siswa yang dulunya hanya dapat nilai C.

Alasan lain kenapa saya memberi nilai 9 adalah buku ini dikemas dengan bahasa yang menarik dan asyik. Robert piawai menjelaskan berbagai konsep seputar finansial dengan bahasa yang mudah dimengerti. Ketika menikmati halaman demi halaman buku ini, Anda akan dibuat menganggukkan kepala tanda setuju. Sedikit banyak Anda pasti setuju dengan apa yang disampaikan oleh Robert Kiyosaki.

Pembelajaran yang Didapat dari Buku Ini

pembelajaran

Kendati buku ini inspiratif, tidak semua hal harus kita telan mentah-mentah. Memang fenomena yang umum adalah ketika dewasa, anak-anak nilai A akan bekerja untuk anak-anak nilai C. Hanya saja, ini tidak bisa dijadikan acuan untuk menggeneralisasi. Seiring berubahnya zaman, teknologi, dan kesempatan yang ada, anak-anak dengan nilai A pun pasti bisa mengubah fenomena ini. Sebab semua akan kembali kepada pribadi masing-masing.

Beberapa inspirasi yang akan Anda dapat usai membaca buku ini antara lain :

  • Penjelasan logis kenapa anak-anak nilai A cenderung memilih bekerja pada anak-anak nilai C.
  • Mindset orang kaya yang perlu dipahami jika ingin meraih kebebasan finansial.
  • “Jebakan-jebakan” yang dibuat oleh segelintir orang agar kekayaan tetap menjadi milik minoritas. Usai membaca buku ini, Anda akan tahu bagaiaman cara segelintir minoritas mengontrol kekayaan melalui sistem pendidikan dewasa ini.
  • Langkah konkret untuk membangun kebebasan finansial Anda. Usai memahami fenomena A students work for C students, Anda akan dipandu agar bisa meraih kebebasan finansial Anda sendiri. Robert memberikan saran-saran yang nyata dan bisa segera Anda terapkan.

Jika sebelumnya Anda sudah membaca buku lain dari Robert Kiyosaki (misal : Rich Dad Poor Dad dan Cashflow Quadrant), Anda tetap perlu membaca buku ini. Kenapa? Sebab akan tetap ada banyak inspirasi yang bisa Anda petik. Robert menambahkan berbagai hal baru yang belum pernah dibahas di buku-buku sebelumnya.

Siapa yang Perlu Membaca Buku Ini?

Siapapun yang ingin meraih kebebasan finansial perlu membaca buku ini. Selain itu, jika Anda ingin mengajarkan pendidikan finansial pada anak-anak, buku ini dapat menjadi acuan dan pegangan Anda. Konsep-konsep yang dijelaskan Robert akan bermanfaat dan bisa Anda gunakan untuk megedukasi anak Anda.

Dengan demikian, Anda tak perlu kuatir lagi. Sekalipun anak Anda  langganan juara kelas di sekolah, anak Anda tetap bisa menjadi orang kaya, bermanfaat, dan tidak harus bekerja untuk C students. Sebaliknya, anak Anda tetap bisa sukses di pendidikan, karir, dan tentunya kehidupan finansial mereka.

Jefferly Helianthusonfri

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *