Review Buku Strategi Memenangkan Isu di Social Media

Di bulan Oktober 2016, saya membaca buku tentang social media marketing berjudul Strategi Memenangkan Isu di Social Media. Buku tipis yang berisi 113 halaman ini ditulis oleh Jubilee Enterprise. Penerbit buku ini adalah Elex Media Komputindo. Harga bukunya cukup terjangkau, yakni 34.800.

Siapa saja yang perlu membaca buku ini? Apa saja inspirasi yang didapat usai mempelajari buku ini? Berapa nilai untuk ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Buku Inspiratif Seputar Social Media Marketing

strategi-memenangkan-isu-di-sosial-mediaStrategi Memenangkan Isu di Social media adalah buku seputar social media yang terbit pada tahun 2016. Buku ini mengupas bagaimana cara agar kita bisa memenangkan isu di media sosial, khususnya di Twitter. Ada berbagai hal yang dapat kita pelajari dari membaca buku ini. Pembahasan buku ini meliputi :

  • Karakteristik beberapa media sosial yang populer (Twitter, Facebook, dan Instagram),
  • Teknik pengelolaan akun media sosial untuk memenangkan isu di internet,
  • Bagaimana konsep dan cara untuk membuat trending topic di Twitter,
  • Cara menumpang trending topic di Twitter,
  • Teknik copywriting untuk pembuatan konten blog, tweet, dan status.
  • Berbagai tools yang membantu kita melakukan kegiatan social media marketing.
  • Tips dan trik-trik untuk memancing interaksi dengan audiens di Twitter.

Buku ini layak dibaca oleh siapapun yang bergelut di bidang social media marketing. Entah itu para praktisi public relations, jurnalis, para content creator di internet, ataupun para pelaku bisnis online (yang memanfaatkan media sosial).

Inspirasi yang Didapat Usai Membaca Buku Ini

Mayoritas pembahasan di buku ini mencakup soal Twitter. Jika Anda tertarik untuk belajar Twitter marketing secara lebih mendalam, maka buku ini termasuk pilihan yang cocok. Saya pun mendapatkan beberapa inspirasi dari buku ini.

Inilah inspirasi yang saya dapatkan usai membaca buku ini :

  • Cara membuat trending topic di Twitter. Konsep untuk membuat trending topic adalah kita membuat tweet dalam jumlah banyak pada waktu singkat. Tweet tersebut harus membahas suatu tema/topik yang sama. Misalkan Anda ingin membuat trending topic dengan topik “gubernur terbaik untuk Jakarta”, maka Anda harus membuat tweet seputar “gubernur terbaik untuk Jakarta” dalam jumlah banyak di waktu singkat. Bagaimana caranya?
Trending topic di Twitter, pasti diawali dari kerja para pasukan media sosial.
Trending topic di Twitter, pasti diawali dari kerja para pasukan media sosial.
  • Memanfaatkan pasukan media sosial. Ya, untuk membuat tweet yang banyak dalam waktu singkat kita butuh pasukan media sosial. Katakanlah di tim Anda ada 6 orang admin sosial media, maka 6 orang tadilah yang akan jadi pasukan media sosial Anda. Jika satu orang bisa membuat sampai 5 akun Twitter, maka tim Anda akan punya 30 akun Twitter. Nah, 30 akun Twitter tadilah yang akan jadi senjata pasukan Anda. 30 akun tadilah yang akan dikerahkan untuk menciptakan trending topic. Jadi, ya betul, trending topic pasti dibuat oleh para pasukan media sosial.
  • Inspirasi seputar konten-konten di social media marketing. Usai membaca buku ini, saya jadi punya bayak ide konten untuk social media marketing. Sebab buku Strategi Memenangkan Isu di Social Media ini memuat banyak sekali tips copywriting dan inspirasi konten dalam social media marketing. Beberapa contoh tips copywriting misalnya : membuat konten list (daftar solusi/daftar terkait suatu topik), teknik copywriting untuk memancing rasa ingin tahu audiens, teknik mixed content dalam social media marketing, dan masih bayak lagi.

Nilai Untuk Buku Ini

Saya tak ragu memberi nilai 8,5 untuk buku ini. Alasannya karena buku ini tepat sasaran. Bukunya memang tipis, namun buku ini menghadirkan banyak inspirasi, khususnya bagi mereka yang bergelut di bidang social media marketing.

Kekuatan buku ini ada pada inspirasi yang dihadirkan. Buku ini mengulas berbagai tips, trik, dan teknik dalam social media marketing (khususnya dalam memakai Twitter). Alhasil manfaat terbesar yang didapat pembaca adalah inspirasi. Inspirasi ini penting, sebab inspirasi ini akan menjadi bahan bakar Anda dalam menjalankan social media marketing.

Hanya saja, tentu tidak cukup hanya mempelajari satu buku ini untuk menjadi ahli dalam social media marketing. Keunggulan buku ini adalah inspirasi, tapi tidak mengulas sebuah media sosial secara sangat mendalam.  Selain itu, buku ini cenderung lebih berfokus pada kegiatan Twitter marketing dan social media marketing secara umum.

Jadi, jika Anda mencari pembahasan yang lebih mendalam, detail, dan mengulas sebuah media sosial secara lebih mendalam, jelas Anda perlu baca buku social media marketing lainnya.

Mari berteman dengan Filobuku di Facebook, klik : Facebook Filobuku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *