Review Buku Contagious : Kunci Sukses Menciptakan Viral Marketing

Sebagai seorang marketer, tentu kita terobsesi ingin menciptakan yang namanya viral marketing. Bahkan, viral marketing ini seolah menjadi semacam “senjata andalan” seorang marketer. Ketika kita bisa menciptakan viral marketing, maka seolah rasanya manis sekali. Gagasan ataupun produk kita akan menyebar dan dibincangkan orang-orang.

Lantas, bagaimana cara menciptakan viral marketing? Bagaimana cara agar produk kita menyebar dan dibicarakan oleh orang-orang? Adakah formula ampuh untuk menciptakan efek getok tular?

Saya pun bertanya, adakah formula untuk menciptakan viral marketing?

Beruntunglah saya, pada tahun 2014 lalu saya menjumpai sebuah buku yang amat bagus. Buku tersebut berjudul Contagious : Rahasia Dibalik Produk dan Gagasan yang Populer. Buku ini dapat menjadi acuan bagi mereka yang ingin menciptakan viral marketing.

Buku Contagious : Rahasia Dibalik Produk dan Gagasan yang Populer

cover Contagious  edisi bahasa IndonesiaBuku ini ditulis oleh Jonah Berger. Versi bahasa Indonesia dari buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Harga bukunya cukup terjangkau, hanya 78 ribu Rupiah.

Buku ini sangat membantu jika Anda ingin mengetahui formula ampuh dalam menciptakan viral marketing. Lewat buku ini, Jonah menjelaskan berbagai faktor yang menyebabkan suatu produk/gagasan dapat menyebar dan jadi perbincangan.

Nah setelah kita mengetahui faktor-faktor tersebut, pengetahuan tadi dapat kita jadikan acuan saat hendak membuat campaign. Tak hanya dapat dipakai di dunia nyata, apa yang dibagikan oleh Jonah ini juga dapat kita jadikan acuan dalam membuat campaign di internet.

Setidaknya ada enam hal yang menyebabkan suatu gagasan/produk dapat menjadi viral. Di antara enam faktor tersebut, beberapa di antaranya antara lain : produk/gagasan yang luar biasa (memancing reaksi wow), produk/gagasan yang menyentuh emosi, dan produk/gagasan tersebut bermanfaat.

Tak hanya membahas berbagai faktor tadi, Jonah juga menampilkan banyak studi kasus. Studi kasus ini dapat Anda lihat sendiri dan kemudian menjadi inspirasi bagi Anda.

Bahkan, saya pernah menjadikan buku Contagious ini sebagai salah satu referensi dalam makalah dan buku yang saya kerjakan.

Dari nilai 1 – 10, saya memberi nilai 8 untuk buku ini.

Siapa Saja yang Perlu Membaca Buku Ini?

Buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh Anda yang punya kepentingan dalam hal marketing ataupun publikasi. Jika Anda seorang content creator (misal : blogger, YouTuber, tim produksi televisi) maka Anda perlu baca buku ini. Anda akan mendapatkan banyak inspirasi untuk membuat konten.

Pun bagi Anda yang merupakan seorang sales, tim marketing, ataupun tim public relations suatu brand/perusahaan. Dengan inspirasi dari buku Contagious, Anda akan mampu membuat campaign-campaign yang menarik dan menyebar.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Buku ini memang inspiratif. Hanya saja, Anda tidak akan menemukan langkah konkret dalam membuat sebuah campaign yang viral. Yang disediakan oleh buku ini lebih kepada inspirasi, pengetahuan, dan hasil riset yang akan membantu Anda memahami fenomena viral marketing. Dengan pemahaman akan fenomena tadi, barulah Anda diharapkan mampu membuat campaign yang viral.

Jefferly Helianthusonfri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *