Butuh Inspirasi Social Media Marketing? Yuk Baca Buku Ini

101 Social Media Tactics for Nonprofits : A Field Guide, itulah buku yang akan saya review kali ini. Jika Anda merupakan pelaku bisnis online, atau Anda menekuni bidang social media marketing, maka buku ini dapat menjadi salah satu sumber inspirasi bagi Anda.

Apa saja yang menarik dari buku ini? Berapa nilai yang saya berikan untuk buku ini? Mari kita ulas selengkapnya.

Deskripsi Buku 101 Social Media Tactics for Nonprofits

Cover bukunya. Sumber : Amazon.com.

101 Social Media Tactics for Nonprofits adalah bukuĀ  yang membahas 101 taktik untuk pemasaran di media sosial. Menariknya, strategi dan kiat yang dibahas dalam buku ini cenderung ditujukan untuk mereka yang berasal dari organisasi non profit. Dengan kata lain, sebagian besar strategi yang dibahas dalam buku ini relatif praktis untuk diterapkan, tidak memakan banyak biaya.

Bahkan mayoritas strategi yang dibahas dapat dilakukan dengan cara-cara gratis, tanpa perlu merogoh kocek yang dalam. Penulis buku ini adalah Melanie Mathos dan Chad Norman.

Berbagai media sosial dibahas dalam buku ini. Mulai dari Facebook, Foursquare, Twitter, dan beberapa situs media sosial lain. Secara umum, pembahasan dalam buku ini terbagi menjadi lima strategi besar, yakni :

  • Setup : tahap ketika kita mempersiapkan keberadaan brand kita di sosial media. Contoh strategi yang dibahas di tahap ini misalnya : mulai membuat akun media sosial di Facebook, Twitter, Foursquare, YouTube, Twittter, dsb. Tak sekadar membuat akun media sosial, tapi jadikan tampilan akun kita menarik.
  • Communicate : tahap ketika kita mulai berkomunikasi dengan followers/pengikut kita di media sosial. Contoh strategi yang dibahas terkait komunikasi misalnya : membuat konten (seperti tweet yang re-tweetable), membuat entri di Wikipedia, mempromosikan campaign/event lewat hashtag, dan banyak lagi.
  • Engage : tahap ketika kita membangun interaksi dengan pengikut ataupun target pasar kita. Bagian ini membahas berbagai strategi ampuh untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut. Contoh pembahasan misalnya : bagaimana me-launch kontes untuk meningkatkan engagement di media sosial, bagaimana melibatkan pengikut dalam kegiatan pemasaran di media sosial, dan banyak lagi.
  • Fundraise : di bagian ini dibahas berbagai strategi jika Anda hendak memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pengumpulan dana (fundraise). Juga dibahas berbagai tools di media sosial jika Anda hendak mengadakan penggalangan dana.
  • Measure : pembahasan di bagian ini seputar pengukuran kinerja social media marketing yang kita lakukan. Dalam kegiatan sosial media marketing, mengukur kinerja merupakan bagian penting. Tanpa adanya pengukuran kinerja kita tidak akan tahu seberapa efektif pemasaran yang sudah kita lakukan. Contoh pembahasan di bagian measure misalnya : mengukur jangkauan tweet di Twitter, mengukur kinerja Facebook marketing dengan Facebook Insights, menghitung seberapa besar pengaruh kita di Twitter, dan banyak lagi.

Kendati buku ini membahas strategi praktikal untuk lembaga nonprofit, para pelaku bisnis pun tetap bisa memetik pelajaran dari strategi yang dibahas.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Secara umum, buku ini inspiratif. Kelebihan buku ini adalah membahas banyak media sosial dan strategi-strategi inspiraif. Dari segi struktur penulisan juga baik, sebab penulis membagi 101 strategi tadi menjadi lima bagian besar yang sudah saya sebutkan. Dengan demikian, pembaca menjadi lebih mudah untuk memahami strategi-strategi yang dibahas.

Selain itu, aspek utama yang ditonjolkan buku ini adalah praktikal. Dengan kata lain, pembahasan cenderung diarahkan ke sisi-sisi praktis. Jadi, pembaca diarahkan untuk benar-benar mempraktikkan apa yang dibahas di buku.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah buku iniĀ  kurang detail dalam membahas suatu media sosial. Jadi, pembaca tidak akan menjumpai langkah demi langkah secara mendalam. Pembahasan yang dijumpai lebih ke strategi. Sebab memang itulah inti buku ini.

Oleh karena itu, segmen pembaca yang paling tepat untuk membaca buku ini adalah mereka yang sedang butuh ide strategi pemasaran di media sosial. Jadi, ketika nantinya pembaca menjumpai sebuah strategi, si pembaca perlu melakukan praktik dan eksplorasi sendiri. Jika Anda sedang mencari inspirasi untuk strategi social media marketing, buku ini layak untuk jadi acuan.

Berapa Nilai yang Saya Berikan?

Saya memberi nilai 8 untuk buku ini. Alasan saya memberi nilai 8 adalah pembahasan buku ini inspiratif dan sangat praktikal. Alih-alih menyuguhi pembaca dengan berbagai konsep dan teori, buku ini langsung membahas cara mempraktikkan suatu strategi social media marketing.

Intinya, buku ini layak dijadikan salah satu sumber referensi Anda dalam belajar social media marketing. Oh iya, para blogger, pelaku toko online, affiliate marketer, content creator juga dapat mempelajari buku ini. Khususnya jika mereka ingin membangun basis penggemar atau komunitas audiens di media sosial.

Hingga posting ini ditulis, buku ini belum memiliki versi bahasa Indonesia. Jadi, jika Anda hendak membeli buku ini, Anda bisa mendapatkannya di Amazon ataupun toko-toko buku yang menjual buku internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *