Buat yang Mau Belajar Marketing, Baca Buku Ini!

Dari sekian banyak keterampilan, marketing (pemasaran) termasuk salah satu keterampilan yang penting banget untuk kita kuasai.

Kenapa?

Karena kalau kita bisa marketing (pemasaran) maka akan ada banyak peluang untuk kita. Bisnis apapun pasti butuh yang namanya marketing. Jadi, kalau kita bisa marketing, maka kita sudah punya modal awal yang bagus untuk memulai bisnis.

Termasuk dalam hal pengembangan karir. Kalau kita jago marketing maka kita akan punya nilai lebih dibanding orang lain.

Lantas, dari mana belajar marketing? Salah satunya kita bisa belajar dari buku.

Nah kalau Anda sedang mencari buku untuk belajar marketing, maka buku yang satu ini akan cocok banget buat Anda.

Judul Bukunya Marketing Revolution

Ya bukunya berjudul Marketing Revolution. Buku ini ditulis oleh Tung Desem Waringin. Penerbit buku ini adalah Gramedia Pustaka Utama. Ini cover bukunya.

buku marketing revolution

Buku ini termasuk keren dan sangat layak untuk dipelajari oleh mereka yang menekuni bidang marketing. Yang saya suka dari buku ini adalah bukunya berisi langkah-langkah konkret dan inspirasi yang dekat dengan kehidupan kita. Alih-alih disuguhi teori dan konsep-konsep njlimet, kita justru akan menemukan banyak studi kasus dan jurus-jurus marketing yang dahsyat.

Manfaat terbesar yang saya rasakan dari membaca buku ini adalah saya jadi tahu prinsip dasar dalam marketing. Dengan mengetahui prinsip dasar ini, kita akan punya mindset yang tepat ketika hendak memasarkan suatu produk.

Prinsip dasar marketing yang saya maksud adalah memberikan nilai tambah/keuntungan sebanyak mungkin bagi konsumen dengan risiko seminim mungkin.

Jadi, setiap kali kita membuat penawaran, kita perlu berfokus pada keuntungan apa yang didapat oleh konsumen/customer.

Harga buku ini sekitar 100 ribu Rupiah. Ketika saya cek di Gramedia pada 6 Agustus 2016, harga bukunya adalah 135.000 Rupiah.

Kesan Saya Terhadap Tung Desem Waringin

Selain belajar marketing dari Tung Desem, saya juga banyak mendapatkan inspirasi dari tokoh-tokoh lain. Baik itu dari Indonesia ataupun dari luar negeri. Nah, dibanding guru-guru marketing lainnya, Tung ini punya gaya khusus dalam setiap penawaran yang ia buat.

Ciri khas Tung adalah penawaran yang menarik dan gaya yang penuh semangat. Hal ini terlihat dari pilihan kata yang kerap digunakan oleh Tung, entah itu dalam bukunya ataupun dalam seminar-seminar yang ia bawakan.

Misalkan ketika Anda baru membaca headline penawarannya, maka biasanya Anda akan langsung kaget, lalu memberikan ekspresi. “Hah kok bisa?” “Ah masa’ sih?” Ini contoh headline penawaran yang dibuat dengan gaya-nya Tung Desem Waringin.

Contoh headline yang dibuat dengan memakai gaya dan teknik ala Tung Desem Waringin.
Contoh headline yang dibuat dengan memakai gaya dan teknik ala Tung Desem Waringin.

Selain itu, menurut saya, pembawaan Pak Tung ini juga cukup ceria dan penuh tawa.

Kembali, ke buku Marketing Revolution, buku ini cukup  inspiratif. Siap-siap saja mendapatkan banyak ide baru terkait dunia pemasaran.

Buku ini cocok untuk dipelajari oleh para marketer, pelaku UKM, atau siapapun yang ingin memperdalam kemampuan dalam bidang marketing. Dari nilai 1 – 10, saya memberi nilai 8,3 untuk buku ini. 🙂

Jangan lupa follow Twitter saya @JefferlyHelian.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *